Sabtu, 27 September 2014

KEDEWASAAN BERFIKIR DAN BERBUAT


KEDEWASAAN BERFIKIR DAN BERBUAT

Oleh  (AKBP DADANG DJOKO KARYANTO, SH,SIP,MH)
Perumpamaan, satu pohon dapat membuat jutaan batang korek api, dan sebaliknya satu batang korek api  juga dapat membakar jutaan pohon. Oleh karena itu satu  pikiran  negatif  yang kita hasilkan dapat membakar  semua pikiran positif yang ada  di diri kita. Perumpamaan serupa  antara lain  korek api  mempunyai kepala,  akan tetapi tidak mempunyai otak,  oleh sebab itu  setiap kali ada gesekan  kecil, sang korek api  langsung terbakar. Kita selaku umat manusia pastilah memiliki kepala dan juga otak, kesimpulannya kita tidak perlu terbakar amarah hanya karena  gesekan kecil seperti halnya sifat korek api. Salah satu contoh dalam siklus kehidupan yaitu ketika  burung hidup, burung tersebut akan selalu makan lalat, dan suatu ketika  burung tersebut mati, pastilah  lalat dan belatung telur lalat itu akan menyantap dan mengurai burung tersebut hingga tinggal tulang belulang. Zaman terus berputar  seiring dengan  rotasinya dan evolusinya bumi yang kita diami ini, dan siklus kehidupan terus berlanjut. Oleh karena itu  kita semua hendaknya jangan sekali-kali merendahkan  siapapun didalam kehidupan ini, bukan  karena siapa mereka dan masa lalunya, akan tetapi  kita harus mawas diri, siapakah diri kita ini.
Seumpama Kita mungkin bisa berkuasa, akan tetapi hanya waktulah yang lebih berkuasa dari pada kita semua termasuk seluruh kehidupan yang ada di alam nyata dimuka Bumi ini. Pada waktu kita sedang  berjaya, kita  merasa nyaman, banyak teman dan kawan yang keberadaannya disekeliling kita, dan pada saat kita sedang  pada kondisi sakit, terkena musibah bencana, terpuruk dalam kehidupan dan berkarir,  kita baru tahu  siapa  sebenarnya kawan sejati kita. Kita baru sadar bahwa ternyata   sehat jiwa raga, bernala positif, berani berbuat kebaikan ternyata   lebih penting dari pada harta benda.
Ketika  kita semua pada kondisi tua  renta, kita baru sadar bahwa  masih banyak yang  belum kita kerjakan, dan setelah diambang ajal tiba, kita  baru menyadari dan tahu bahwa ternyata  begitu banyak  waktu yang kita jalani terbuang sia-sia. Kepada para sahabat ketahuilah bahwa hidup itu tidaklah lama,  sudah saatnya kita  bersama-sama membuat HIDUP LEBIH BERARTI dan BERHARGA , SALING MENGHARGAI, SALING MEMBANTU,  SALING MEMBERI,  DAN JUGA SALING MENDUKUNG.
Jadikanlah teman perjalanan hidup kita  yang tanpa pamrih,  syarat namun berarti serta  bernilai. BELIEVE IN “ CAUSE AND EFFECT” , apa-apa yang kita tabur, itulah  yang akan kita tuai......!!!!  Sekarang kita hanya punya 2 (dua) pilihan:
1(pertama)  Biarkan statement atau tulisan saya ini   tetap  berada  pada posisinya hanya sekedar sebuah tulisan yang tidak bermakna dan tidak memiliki pengaruh apa-apa,  atau  sama-sama kita berusaha  untuk  berani bergerak, melangkah untuk berbuat lebih baik sekalipun kecil arti maknanya namun  sudah ada upaya, sesuatu yang besar dan luar biasa  bermula dari sesuatu yang kecil dan tidak berarti.
2(kedua) Berani untuk  mengajak  dan memberikan sesuatu yang  inspiratif kepada sesama, para sahabat, sanak keluarga demi kemaslahatan bersama, sehingga hidup kita ini menjadi lebih berarti, selain itu  juga yang  lebih membanggakan adalah menjadikan kehidupan sosial NKRI BERMARTABAT untuk menjadi INDONESIA  YANG MADANI dan BERJAYA ....amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar