Jumat, 15 Agustus 2014

KUNJUNGAN KETUA KWARDA PRAMUKA JAMBI DAN STAF PERANGKAT /ANDALAN KE POLDA JAMBI DALAM RANGKA SILAHTURAHMI DAN MEMPERINGATI HARI PRAMUKA KE 53 TH. 2014 DI PROVINSI JAMBI














KUNJUNGAN KETUA KWARDA PRAMUKA JAMBI DAN STAF PERANGKAT /ANDALAN  KE POLDA JAMBI DALAM RANGKA SILAHTURAHMI  DAN MEMPERINGATI HARI PRAMUKA KE 53 TH. 2014 DI PROVINSI JAMBI


By data AKBP DADANG DJOKO KARYANTO, SH, SIP, MH. Selaku Andalan Hubungan Antar Lembaga/HAL Kwarda Pramuka Jambi.

Cuplikan  dari Koran TRIBUN JAMBI , hari Rabu tanggal 13 Agustus 2014, halaman 11,  kolom 1 dengan judul,”KETUA KWARDA TEMUI KAPOLDA”.

Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Pramuka Jambi, Kolonel (Purn) Sutrisno mendatangi Mapolda Jambi dan melakukan  pertemuan tertutup dengan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya, selasa (12/8).
Ditemui sesuai pertemuan, pak Sutrisno mengatakan kedatangannya ke Mapolda Jambi, untuk berkoordinasi serta  meminta arahan Kapolda Jambi, terkait persoalan hukum  yang terjadi di organisasi kepramukaan ini.
“Kami ke sini untuk memohon petunjuk dari Kapolda  Jambi, agar kedepannya organisasi kami terhindar dari masalah hukum”, katanya. Ditambahkan mantan Danrem 042 Garuda Putih ini, kedepan ia siap untuk  membenahi masalah keuangan di tubuh Kwarda Pramuka Jambi, terutama masalah keuangan.
“Saya siap membenahi Kwarda Pramuka Jambi, “ tegasnya. Sementara itu Satriya Hari Prasetya mengatakan, pertemuan antara dirinya dengan Ka Kwarda Pramuka Jambi, hanya untuk menyatukan persepsi bagaimana memajukan organisasi  Pramuka. “Pramuka merupakan organisasi yang sangat positif untuk  menempa jiwa dan raga anak muda”, kata Satriya.
INFORMASI  NASIONAL
Dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke 53 tahun 2014, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengeluarkan surat edaran no. 0520-00-A, dengan merencanakan berbagai kegiatan yakni antara lain bakti  masyarakat berupa kegiatan donor darah dan bakti Pramuka Peduli Lebaran. Selain itu kegiatan Tabur bunga dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan. Peringatan hari Pramuka yang mengambil tema “ Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi”, tersebut akan menyelenggarakan kegiatan Ulang Janji pada tanggal 13 Agustus 2014 dan Apel Besar Hari Pramuka, 14 Agustus 2014 di Cibubur, Jakarta.
Selanjutnya khusus untuk kegiatan Ziarah bagi Para Pahlawan juga diinstruksikan kepada Kwartir Daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yokyakarta, agar melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan tempat yang telah ditentukan oleh Kwartir Nasional.
Dalam surat edaran itu Kwartir Nasional juga menghimbau bagi seluruh jajaran Gerakan Pramuka baik di dalam negeri maupun luar negeri, untuk menyelenggarakan Peringatan Hari Pramuka ke 53 tahun 2014, sesuai dengan situasi dan kondisi masing masing daerah.
Harapannya Pramuka Insya Allah akan eksis kembali, dengan diterapkannya kurikulum materi pengetahuan Pramuka dimasukkannya ke dalam Kurikulum Sekolah 2013. yang didalamnya mewajibkan guru secara langsung berperan aktif membina anggota di gugus depannya (Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega). Tentunya setelah para guru disegarkan kembali dengan orientasi Pramuka atau Kursus Mahir Dasar (KMD) Bagi yang belum bersertifikat Pembina Pramuka. Bravo Pramuka Indonesia. Salam Pramuka

KEGIATAN LOKAL
Kemudian kegiatan lokal yaitu Peringatan hari Pramuka di wilayah Provinsi Jambi antara lain  melaksanakan kegiatan sumpah janji pada hari Rabu tanggal 13 Agustus 2014 pukul 19.00 s.d 23.00 wib di lapangan Candika Telanaipura Kota Jambi, Mako Kwarcab Kota Jambi. Adapun peringatan hari Pramuka  di Provinsi Jambi mengambil tema “ Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi”.
Untuk acara besarnya (setingkat Provinsi)  kegiatannya dikonsentrasikan di Kota Sungai Penuh, tepatnya pada hari Rabu tanggal 27 Agustus 2014 mulai pukul 08.00 wib s.d selesai, dan direncanakan dihadiri oleh Bapak Gubernur, para Fokopimda Provinsi Jambi selaku Majelis pembimbing, para SKPD . 
Kemudian Direktorat Polisi Perairan Polda Jambi  berpartisipasi dan ikut serta menyiapkan  dan membantu  menggelar  kegiatan upacara  di Sungai  Penuh. Dirpolair Polda Jambi memerintahkan kepada Kasubditfasharkan Polda Jambi selaku perangkat Andalan Urusan Hubungan Antar Lembaga (HAL) Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, dan Komandan Kapal Pos Danau Kerinci dengan upaya  membantu adik-adik Saka Bhayangkara menampilkan kemampuan / krida yang berkenaan  dengan kemampuan Polisi Perairan yang diantaranya  penanggulangan bencana. Melaksanakan pelatihan/ olah krida menggunakan dan memperdayakan perahu karet, mengevakuasi dan binmas perairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar